Pelantikan BPP HKBP

October 5, 2007 at 5:45 pm Leave a comment

BPP HKBP Resmi Dilantik

img_1556.jpg

Sejak masuknya Injil di Tanah Batak, pendidikan merupakan salah satu pilar yang paling menentukan dalam penyebaran Injil oleh para missionaris. Karena itu kalau diperhatikan 75 tahun pertama masuknya Injil, pendidikan berkembang dengan pesat, hampir di setiap gereja yang didirikan oleh para missionaries juga didirikan sekolah untuk mendidik masyarakat pribumi. Namun seiring dengan berjalannya waktu HKBP mengalami berbagai persoalan dan tantangan sehingga kualitas pendidikan di HKBP juga kian merosot.

 

Tahun 2011 HKBP akan merayakan 150 tahun Injil di Tanah Batak, oleh karena itu sudah saatnya HKBP bangkit untuk membenahi segala jenis bentuk-bentuk pelayanannya termasuk di bidang pendidikan. Untuk itulah dibentuk suatu badan yang independent untuk mengelola dan menata kembali pendidikan di HKBP, yang dinamakan dengan Badan Pengelola Pendidikan (BPP) HKBP. Badan ini telah resmi dilantik oleh Ompui Ephorus HKBP Pdt. Dr. Bonar Napitupulu di gedung Capel Kantor Pusat HKBP, Pearaja – Tarutung.

Dalam acara ibadah pelantikan itu khotbah Pdt. Dr. Deonal Sinaga didasarkan pada nas Amsal 4:7 yang berbunyi “Permulaan hikmat ialah: perolehlah hikmat dan dengan segala yang kau peroleh perolehlah pengertian”. Selanjutnya dia meyebutkan bahwa gereja terpanggil untuk melaksanakan “mission Dei” untuk melaksanakan itu Tuhan memberikan beraneka ragam talenta dan hikmat kepada setiap umat. Pendidikan merupakan bagian yang integral/tak terpisahkan dari implementasi mission Dei. Pada akhir khotbahnya Pdt. Deonal mengunkapkan sebuah kenyataan dan harapan yaitu bahwa decade akhir ini perhatian HKBP terhadap pendidikan surut, banyak sekolah yang dulunya dikelola oleh HKBP, sekarang tidak lagi. Oleh karena itu dengan dibentuk dan dilantiknya BPP HKBP diharapkan dapat menata dan merevitalisasi kembali sekolah-sekolah HKBP.

Selesai penyampaian khotbah, dilanjutkan dengan acara pelantikan pengurus dan anggota BPP HKBP oleh ompui Ephorus HKBP Pdt. Dr. Bonar Napitupulu. Berikut adalah susunan kepengurusan BPP HKBP:

Ketua Kehormatan : Pdt. Dr. Bonar Napitupulu

Pembina : 1. Pdt. Nelson F. Siregar (Kadep. Diakonia HKBP) Ketua

2. Pdt. M. H. Sihite (Kadep. Marturia HKBP) Anggota

3. Pdt. Pahala J. Simanjuntak, M.Th (Dir. Sek. Pendeta) Anggota

4. Pdt. Dr. J. Sirait (Ketua STT HKBP) Anggota

Pengawas : 1. Pdt. W.T. P. Simarmata, MA. (Sekjen. HKBP)

2. Prof. Dr. Belferik Manullang

3. Pdt. B. M. Siagian (Kadep. Koinonia HKBP)

PENGURUS :

1. Ibu Devi Simatupang Ketua

2. Prof. Dr. Robert Sibarani Wakil Ketua

3. Fredy Sitinjak Sekretaris

4. Hanna Sirait br. Lumbantobing Bendahara

5. Pdt. Esron Tampubolon, M.Th Anggota

6. Pdt. Bonar H. Lumbantobing Anggota

7. Dr. B. Hutahaean Anggota

Setelah selesai acara ibadah pelantikan ibu Devi Simatupang selaku ketua BPP yang baru dilantik berkesempatan untuk menyampaikan kata-kata sambutan. Dia menyebutkan bahwa untuk dapat memajukan kembali pendidikan di HKBP merupakan tanggungjawab bersama oleh karena itu diharapkan nantinya dapat saling bekerjasama dan mendukung. Kemudian acara dilanjutkan dengan sharing terbuka seluruh antara BPP dan pimpinan HKBP dan undangan. Pada kesempatan itu bapak Patuan Simatupang mempresentasikan prospek pengembangan pendidikan HKBP melalui kerjasama dengan lembaga-lembaga dalam dan luar negeri yang sedang dijajaki. Selanjutnya kegiatan pelantikan itu ditutup dengan acara makan bersama di Pesanggerahan HKBP.

 

Posted by: Morrys S. Marpaung

 

Entry filed under: Pendidikan. Tags: .

Pendeta Indonesia temui LCMS Salam tahun Diakonia 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

Jumlah Pengunjung

  • 28,481 hits

Recent Comments

Eva boru Sormin on Horas ma di hamu – Salam…
http://bestnaturalhe… on Horas ma di hamu – Salam…
lohot simanjuntak H1… on Kegiatan tahun diakonia
St. Gaya Hutasoit on Marliturgi ompung
Benhard Sitohang / B… on Horas ma di hamu – Salam…

Feeds


%d bloggers like this: